Jumat, 28 Juni 2013

Penyaluran Raskin Bulog Garut Dinilai Kurang Tepat Sasaran

28 Juni 2013

RadarOnline, Garut
Sebutan RASKIN (Beras Miskin) kini sudah berusia kurang lebih 15 tahun, mulanya program ini bertujuan untuk menperkuat ketahanan pangan bagi rumah tangga miskin di Indonesia maka dengan di gulirkannlah pada tahun 1998 dengan istilah Operasi Pasar Khusus ( OPK ) kemudian diubah lagi menjadi Raskin pada tahun 2002.

Kabupaten Garut provinsi Jawa Barat dalam penyaluran Raskin di tahun 2013 untuk kebutuhan RTS - PM ( Rumah Tangga Sasaran - Penerima Manfa`at ) sebanyak 182.239 RTS Jumlah RTS disetiap Kecamatan dan Desa ditetapkan berdasarkan data hasil PPLS BPS yang dikelola dalam basis data terpadu oleh TNP2K ( Tim Nasioanal Percepatan Penanggulangan Kemiskinan ) Sesuai dengan ketetapan Pemerintah melalui Kementrian Kesejahteraan Rakyat, jumlah alokasi raskin untuk di setiap RTS tidak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya yakni sebanyak 15 Kg / 1 bulan dengan harga tebus Rp. 1.600,- / 1 Kg di titik distribusi, sementara subsidi pemerintah sebesar Rp. 6.151,- untuk setiap kilo gram ( Kg ) Raskin.

Dari hasil penelusuran SNP dilapangan pada Kelurahan - kelurahan dan Desa - desa di berbagai wilayah kecamatan di Kabupaten Garut ini, maka terungkap bahwa penyaluran Raskin Bulog Garut dinilai oleh beberapa pihak masih kurang tepat sasaran disebabkan kerap terjadinya pengiriman di titik distribusi masih terdapatnya kekurangan dalam jumlah kilo gram ( Kg ), kemudian seharusnya Raskin yang diterima oleh warga sasaran bisa setiap bulan, tetapi mungkin dikarenakan ada segelintir oknum memainkan dalam program ini sebagai ajang bisnis demi meraup banyak keuntungan pribadinya, maka menjadi korbannya adalah masyarakat,” ungkap mereka.

Salah satu bukti contoh di tengah - tengah Garut Kota seorang Ibu rumah tangga yang tergolong RTS -PM warga di RT/05 - RW/04 Kelurahan Pakuwon Kecamatan Garut Kota telah mengatakan,” saya kebagian jatah satu setengah kilo gram per satu bulan ( 1,5 Kg / 1 Bln ) dengan harga tebus senilai uang empat ribu rupiah ( Rp. 4.000,- ) ke pihak RW kadang berasnya bagus namun kebiasaannya suka jelek “ ya,kalau boleh usul saya berharap barangnya terus bagus,” ujarnya. (Asgun)

http://www.radaronline.co.id/berita/read/25628/2013/Penyaluran-Raskin-Bulog-Garut-Dinilai-Kurang-Tepat-Sasaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar