Jumat, 07 Februari 2014

BEM Al-Khairat Minta Pemkab Pamekasan Tekan Korupsi Raskin

Jumat, 7 Februari 2014

Foto0528

(Media Madura) – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Khairat, Pamekasan, meminta pemkab setempat bertindak cepat menekan praktik korupsi pada program bantuan beras bagi warga miskin (raskin) yang kini dinilai sudah kronis.

Ketua BEM STAI Al-Khairat Pamekasan Solehudin, Jumat mengatakan, korupsi bantuan raskin di Kabupaten Pamekasan sudah sangat parah, karena beras yang digelapkan justru jauh lebih banyak dibandingkan beras yang disalurkan kepada warga miskin.

“Kami hanya kasian ketika warga fakir miskin harus terampas oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab,” kata Solehuddin, Jumat (7/2/2014).

Oleh karenanya, BEM Al-Khairat tergerak untuk menyuarakan persoalan korupsi raskin itu ke DPRD Pamekasan, pemkab dan pejabat Bulog wilayah Madura.

Menurut mahasiswa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pemkab dalam berupaya menekan praktik korupsi bantuan raskin. Antara lain sistem distribusi, pengawasan dan transparansi.

Sistem distribusi raskin yang diberlakukan Pemkab Pamekasan selama ini melalui kepala desa hendaknya ditinjau ulang, sebab, berdasarkan fakta di lapangan, korupsi bantuan warga miskin itu terjadi dari setelah beras sampai di titik distribusi, yakni kepala desa.

Dengan demikian, korupsi bantuan raskin terjadi, setelah sampai di desa hingga ke penerima manfaat.

“Pengawasan dalam hal distribusi raskin di Pamekasan ini kami kira belum maksimal, dan kalaupun ada, para pengawas itu terkesan tidak berdaya, saat menemukan temuan penyimpangan,” kata Solehudin.

Menurut dia, desakan BEM STAI Al-Khairat agar pemkab segera menekan terjadi praktik korupsi bantuan raskin telah disampaikan dalam acara audiensi dengan komisi D DPRD, perwakilan pemkab dan Bulog Sub Divre XII Madura.

“Kami harap, aspirasi kami segera diperhatikan, sehingga kaum fakir miskin tidak hanya menjadi alat korupsi, dan mereka bisa benar-benar menerima haknya sesuai dengan ketentuan,” pungkasnya. (Ist/MM)

http://mediamadura.com/bem-al-khairat-minta-pemkab-pamekasan-tekan-korupsi-raskin/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar