Selasa, 16 September 2014

TKSK Pantau Distribusi Raskin

Senin, 15 September 2014

Laporkan Ke Kemensos

SUNGAILIAT – Tenaga Kerja Sukarela Kecamatan (TKSK) di Kabupaten Bangka, mulai melaksanakan tugas barunya yaitu melakukan pemantauan beras miskin (raskin). Per September kemarin, para TKSK ini menerima SK dari Kementrian Sosial (Kemensos) untuk melakukan pemantuan raskin ini.
Menurut Mustam, TKSK Sungailiat, meski melakukan pengawasan namun TKSK ini bukan penegak hokum, dalam artian tidak berhak mengambil tindakan terkait adanya penyimpangan di lapangan. TKSK hanya mengawasi distribusi raskin dan menerima keluhan terkait distribusinya.
“Sekarang kami sedang masa pemantauan raskin, akhir bulan kita buat laporan yang disampaikan ke Kemensos langsung melalui email. Tapi sampai hari kami pantau mutu berasnya lumayan, orang yang menerima pun sesuai,” ujar Mustam Senin (15/9/2014).
Ditambahkannnya, selama ini ada selentingan bahwa raskin ini mutunya jelek dan mengapa ada masyarakat yang pernah menjadi penerima, kemudian tidak jadi penerima lagi. Setelah ditelusuri, kabar tersebut dihembuskan dari masyarakat yang bukan menerima raskin.
“Kami bertugas menelusuri penyelewengan yang tidak diinginkan dalam distribusi raskin ini. Sementara untuk penerimanya berasal dari musyawarah kelurahan/desa sehingga kami lihat penerimanya benar-benar orang yang berhak,” tambahnya lagi.
Lebih lanjut Mustam menuturkan, TKSK di Kabupaten Bangka 1 orang per kecamatan. Selama ini TKSK menerima tali asih sebesar Rp 300 ribu dari pusat. Dari Pemprov sendiri ada wacana memberikan tali asih namun belum ada sampai ahri ini, begitu juga dari Pemkab Bangka tidak ada.(snt/9)

http://www.rakyatpos.com/tksk-pantau-distribusi-raskin.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar