Kamis, 11 September 2014

Wah Lurah Pekanbaru Menunggak Dana Raskin 2 Bulan

Kamis, 11 September 2014

PEKAANBARU, UTUSANRIAU.CO - Badan Urusan Logistik (Bulog) Riau-Kepri menyatakan, ada beberapa Lurah di Pekanbaru yang menunggak dana beras rakyat miskin (Raskin) selama dua bulan . Total hutang tersebut  untuk bulan Juli dan Agustus 2014 yang  mencapai Rp858.212.000.
 
"Kami Bulog sudah menyurati satker terkait seminggu lalu,tetapi sampai sekarang belum juga dibayarkan," kata Kepala Bulog Divisi Regional Riau-Kepri, Faruq Octobri Qomary, di Pekanbaru,Kamis (11/9).
   
Dia mengatakan, akibat dari tunggakan tersebut alokasi raskin bulan selanjutnya  untuk kelurahan yang tidak melunasi terpaksa di tunda. Karena pada prinsipnya Bulog menganut sistem bayar dulu baru barang di antar.
 
Namun tidak menutup kemungkinan Bulog memberikan kelonggaran jika ada penjaminan dari Pemerintah Daerah membayar di belakang.
 
"Setelah di cek ternyata tunggakannya bukan terjadi pada RPSBM, tetapi keterlambatan di Lurah sendiri yang tidak menyetorkan ke Bulog," kata dia.
 
Karena itu, harapan dia, pihak Kelurahan sesega mungkin melunasi tunggakan. Sehingga masyarakat kecil yang membutuhkan Rakin bisa terbantu dengan dialokasikannya hak mereka sesuai bulan berjalan.
 
"Kami berharap Lurah-lurah yang sudah menerima uangnya  dari RPSBM Supaya langsung menyetorkan ke Bulog sehingga raskin bisa di alokasikan," harapan dia.

Karena menurut dia lagi Rakin ini sangat mempengaruhi harga beras di pasaran. "Kemaren saya baca  beras adalah salah satu penyumbang inflasi di Pekanbaru," tegas dia. (ra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar