Jumat, 31 Oktober 2014

Camat Jatisari Bantah Pungli Raskin

Kamis, 30 Oktober 2014

KARAWANG,TVBERITA.COM- Terkait kabar miring yang tengah beredar luas di kalangan perangkat desa, Camat Jatisari, Aj Koswara membantah jika dirinya telah melakukan pungutan liar (pungli) uang beras miskin (raskin) dengan cara memungut uang koordinasi tanda tangan persetujuan untuk pengambilan raskin yang besarnya antara Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu.

Kepada TVBERITA.COM, Aj Koswara mengatakan, ia sendiri mengaku lebih senang kalau setiap desa bisa langsung menebus uang raskin kepada pihak bulog, tanpa harus melalui rekomendasi pihak kecamatan sebagai jaminan. “Justru Saya jadi andalan desa yang belum bisa melunasi kewajiban membayar raskin kepada bulog. Jadi tidak benar kalau Saya menerima uang dari setiap desa untuk persetujuan raskin,” ujar Aj Koswara.

Menurut Aj Koswara, ia sendiri justru mempertanyakan kenapa kepemimpinan camat saat ini yang dipertanyakan soal raskin. Padahal menurutnya, ia sendiri merupakan camat yang meneruskan kepemimpinan camat Asep Wahyu. “Tidak benar kalau saya melakukan pungli raskin. Kalau saja staf saya Nurhasan yang mengantarkan surat ke desa-desa dan ada yang ngasih uang Rp 50 ribu, saya pikir itu wajar. Tidak benar kalau katanya ada yang ngasih sampai Rp 200 ribu. Kalau Cuma Rp 50 ribu mah yang penting tidak meminta,” katanya.

“Kalau tidak percaya silahkan cek ke setiap desa. Ada desa yang mengambil keuntungan dari raskin sampai jutaan rupiah, silah itu dicek. Dan saya harapkan ke depannya kepada semua desa jangan ada yang meminta rekomenasi saya lagi untuk jaminan raskin. Tebus saja sendiri, syukur-syukur memakai uang pribadi. Saya lebih suka jika Saya saja yang sekalian yang menjadi pemodal pengadaan raskin, ya jelas-jelas itu menguntungkan,” timpalnya.

Untuk permasalahan raskin ini, tambah Aj Koswara, memang sangat rawan penyimpangan. Baik itu pengurangan kuota dari kilo gram menjadi liter, sampai persoalan mark-up harga raskin yang seharusnya dijual seharga Rp 1.600 menjadi Rp 2.000, bahkan bisa lebih.

http://tvberita.com/2014/10/camat-jatisari-bantah-pungli-raskin/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar