Selasa, 16 Desember 2014

E-Money Raskin Sebaiknya Diterapkan di Perkotaan

Senin, 15 Desember 2014

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Penerapan E-Money untuk pembelian raskin tak perlu sekaligus untuk seluruh wilayah Indonesia. Jika ingin menerapkannya, pemerintah terlebih dahulu mesti menetapkan pilot project di kawasan tertentu, utamanya di kawasan perkotaan yang sudah didukung infrastruktur penunjang pemakaian e-money.

“Saya menduga kita tidak akan melaksanakannya secara total, mungkin untuk kota besar bisa, kalau ada minimarket yang siap, misalnya,” kata Pakar Ekonomi Pangan sekaligus Dewan Pendiri Indef Bustanul Arifin pada Senin (15/12).

Diterangkan Bustanul, pada dasarnya esensi penerapan e-money dalam raskin adalah agar mempermudah masyarakat dalam menjangkau beras, di samping agar penyalurannya tepat sasaran dan terpantau. Makanya, Jakarta mungkin bisa jadi alternatif kawasan percontohan.

Menyoal pentingnya memperbaiki sekaligus mempertahankan program raskin, Ketua Umum Perhimpunan Pengusaha Penggilingan Padi (Perpadi) Burhanuddin mengatakan, keberadaan raskin dan Bulog sangat penting. Sebab ia menjadi jaminan pasar dan jaminan harga bagi pengusaha penggilingan padi kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar