Selasa, 24 Februari 2015

Harga Raskin Bervariasi

Senin, 23 Februari 2015

METROSIANTAR.com, TAPUT – Pembagian beras miskin (Raskin) di Kabupaten Taput sarat korupsi. Harga raskin tersebut dijual bervariari mulai Rp33 ribu hingga Rp45 ribu per karung ukuran 15 kilogram.

Beberapa masyarakat penerima raskin di Kecamatan Tarutung, Tikkos Tobing, Harapan Hutabarat, Saut Simamora, Hisar Silaban, Samuel Marbun, Tigor Hasibuan, Jerry Simorangkir dan Salomo Hutasohit mempertanyakan harga sebenarnya raskin dari pemerintah kepada masyarakat.

“Kami membeli raskin Rp35 ribu per karung ukuran 15 kilogram. Tapi ada juga daerah lain yang menjual Rp33 ribu per kilogram dengan ukuran yang sama. Jadi berapanya harga raskin sebenarnya,” ujar Tikkos diamini masyarakat lainnya, Minggu (22/2).

Masyarakat lainnya, Saut Simamora, mengatakan pihaknya membeli raskin dari Kecamatan Parmonangan seharga Rp45 ribu per karung. “Pembangian raskin ini menjadi sarat korupsi. Aparat penegak hukum harus mengaudit dan menjalankan fungsinya sebagai lembaga penegak hukum,” tukasnya.

Pemerhati Pemerintahan Kabupaten Taput Sufartono Hutabarat mengatakan, pemerintah harus secepatnya merespon keluhan masyarakat miskin tersebut. Kemudian menindak pejabat yang terbukti memanfaatkan penjualan raskin untuk mendapatkan keuntungan lebih. Sesuai peraturan Menteri Keuangan nomor 175 tahun 2008 harga raskin Rp1.600 per kilogram.

“Keberhasilan program raskin di ukur berdasarkan tingkat pencapaian indikator 6T, yaitu;tepat sasaran, tepat jumlah, tepat harga, tepat waktu, tepat kwalitas dan tepat admistrasi. Program ini bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran rumah tangga sasaran (RTS) melalui pemenuhan sebagai kebutuhan pangan pokok dalam bentuk beras dan mencegah konsumsi energi dan protein.

Selain itu raskin bertujuan untuk meningkatkan askes pangan keluarga melalui penjualan beras kepada keluarga penerima manfaat dengan jumlah yang ditentukan. Tapi kalau harga beras raskin juga meresahkan masyarakat, sasaran program tersebut menjadi tidak tercapai,” paparnya. (tul)

http://www.metrosiantar.com/2015/02/23/179782/harga-raskin-bervariasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar