Jumat, 13 Februari 2015

Warga Garut Protes Raskin Susut 4 Kg per Karung

Kamis, 12 Februari 2015

INILAHCOM, Garut - Sejumlah warga penerima beras untuk rumah tangga miskin (raskin) menyambangi kantor Desa Jati Kecamatan Tarogong Kaler, Kamis (12/5/2015).

Mereka protes karena adanya penyusutan raksin yang diterima. Penyusutannya mencapai sekitar 4 kilogram per satu karung ukuran 15 kilogram. Kualitas raskin pun dipertanyakan karena dinilai berkualitas buruk.

"Kalau soal kualitas beras, ya bisa dimaklum. Soalnya, bagaimanapun enggak akan ada raskin kualitas bagus. Tapi kalau timbangan susut besar, ya kami sangat dirugikan. Kok bisa dalam sekarung yang metinya 15 kilogram itu isinya hanya 12 kilogram, bahkan ada yang hanya 11,5 kilogram," kata salah seorang warga, Gun Gun (45).

Senada dikemukakan warga lainnya, Wahyu (49). Menurutnya, raskin di Garut sampai kapan pun tidak akan berubah, baik menyangkut kualitas maupun berat timbangannya.

"Kalaupun ada perubahan, itu hanya sesaat. Selebihnya, ya seperti pepatah 'anjing menggonggong, kafilah berlalu'," ujarnya.

Kepala Urusan Pemerintahan Desa Jati Dian Randiana mengatakan, jatah raskin untuk Desa Jati pada 2015 ini sebanyak 432 karung atau setara dengan 6.480 kilogram. Raskin terebut diperuntukkan bagi sekitar 700 kepala keluarga.

"Sebenarnya dari kemarin banyak warga yang datang ke sini. Mereka protes karena setiap karung, isinya berkurang 3-4 kilogram. Tahun lalu juga pernah ada isi timbanganya yang kurang, tapi hanya 1 kilogram, dan itu maih saya anggap wajar. Tapi kalau sekarang ya keterlaluan," kata Dian.

Dia juga menyesalkan, kualitas raskin jauh menurun dibandingkan sebelumnya. Raskin tidak apek namun kehitam-hitaman.

"Kalau terjadi seperti ini, yang rugi warga. Sebab dari desa tetap dihitung satu karung itu 15 kilogram. Kasihan masyarakat. Memang harusnya beras dikembalikan lagi ke Bulog. Tapi sekarang aturannya lain. Mending kalau ditukar itu timbangannya jadi pas 15 kilogram, " ucapnya.

Dian juga menyebutkan, kasus serupa terjadi di desa lain, seperti Desa Jayaraga Tarogong Kidul, dan Desa Rancabango Tarogong Kaler. [hus]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar