Selasa, 19 Mei 2015

Masyarakat Banjar Minta Raskin Berkualitas Baik Dipertahankan

Senin, 18 Mei 2015

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Sejumlah masyarakat meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Banjar dan Bulog harus tetap mempertahankan pengiriman beras miskin (raskin) berkualitas baik, atau lebih bagus lagi ditingkatkan.

“Jangan hanya setelah mendapat kritikan baru dikirim yang berkualitas baik, dan kami tidak berharap dibulan-bulan berikutnya rakyat miskin menerima lagi beras jelek atau tidak layak konsumsi,” kata Ketua Forum Gapoktan Kota Banjar, Abdul Kholik, kepada HR, Senin (11/05/2015).

Hal lain yang perlu diperhatikan, pihak Bulog juga harus meningkatkan kadar gizi beras tersebut. Jangan mentang-mentang beras untuk rakyat miskin, sehingga dikirim raskin yang mengandung gizinya tidak bagus, misalnya kekurangan zat besi dan yodium.

“Karena itu, kualitas raskin perlu ditingkatkan, atau minimalnya dipertahankan seperti kualitas raskin yang dikirimkan waktu bulan April dan Mei. Namun, kami pun tetap mengapresiasi Bulog yang mampu meningkatkan kualitas raskin pada dua bulan itu,” kata Abdul.

Senada dikatakan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), sekaligus Pendamping Sosial Masyarakat (PSM) Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, yang mendapat tugas pengawasan terhadap pengiriman raskin oleh Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Banjar, Kiswan, bahwa kualitas raskin harus layak konsumsi.

“Jangan sampai ketika raskin dicek di gudang Bulog oleh Bagian Ekonomi Setda dan Dinsosnaker Kota Banjar berkualitas bagus, tapi ternyata yang dikirim ke masyarakat jelek. Nah itu jangan terjadi,” ujarnya.

Namun menurut Kiswan, saat dirinya memantau dan mengambil sampel raskin pada pengiriman bulan April-Mei, kualitasnya dinilai cukup bagus. Dia juga mengaku ikut memonitor supaya tidak ada penyimpangan, terlebih Rumah Tangga Sasaran (RTS) di Banjar ini menerima raskin secara gratis atas kebijakan pro rakyat dari Pemkot Banjar.

“Mudah-mudahan saja bisa berlanjut seperti itu bagusnya. Alhamdulillah pula, ini berkah dari adanya pemberitaan di Koran HR sebelumnya, sehingga Bulog tidak mengirim raskin jelek seperti bulan Februari dan Maret lalu,” ucap Kiswan.

Sementara itu, Kepala Operasional Bulog Sub Divre Ciamis, Anwar Kurniawan, saat dihubungi via telepon selularnya, berjanji, bahwa pihaknya akan berupaya mempertahankan kualitas raskin pada pengiriman bulan berikutnya.

“Insya Alah, kita akan kirim raskin yang baik sesuai standar yang berlaku. Terlebih pengiriman beras di bulan Mei ini merupakan beras baru dari penyerapan beras petani lokal setelah panen bulan kemarin,” katanya.

Bahkan, Anwar menanyakan, bagaimana pantauan di lapangan atas beras yang dikirim oleh pihaknya. Karena, Anwar sudah mempersilahkan masyarakat dan pihak media/wartawan untuk ikut mengawasi distribusi raskin agar tepat sasaran, dan berasnya berkualitas. (Nanang S/Koran-HR)

http://www.harapanrakyat.com/2015/05/masyarakat-banjar-minta-raskin-berkualitas-baik-dipertahankan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar