Jumat, 08 Maret 2013

Adukan soal Raskin ke Polres

7 Maret 2013

Warga Ngaku Jatah Dikurangi sejak 2008

KOTA-Puluhan warga dari Desa Lenteng Barat, Kecamatan Lenteng, mengadu ke Polres Sumenep, kemarin (6/3). Hal itu karena tidak menerima beras untuk rakyat miskin (raskin) di desanya. Mereka juga melaporkan kasus dugaan penggelapan raskin yang telah merugikan para daftar penerima manfaat (DPM) di desanya sejak 2008. Sekitar pukul 09.45 kemarin, warga datang dengan mengendarai mobil pikap. Tanpa dikomando, usai turun dari mobil mereka langsung masuk ke mapolres.

Mereka berharap agar persoalan raskin di desanya segera diusut penegak hukum. Misna, 39, salah satu warga yang kemarin datang ke Polres Sumenep menyatakan, warga kadang menerima tiga bulan satu kali. Itu pun hanya dua gantang atau enam kilo. Sementara, lanjutnya, jatah tiap DPM 15 kilogram. ”Agar segera ada kejelasan, maka penegak hukum penting segera menyidik,” tandas perempuan berjilbab yang mengaku salah satu DPM raskin di desanya itu. Raskin yang semestinya diterima tiap bulan 15 kilogram sudah tidak utuh.

Udianto, 27, warga lainnya menambahkan, kedatangan mereka secara bersama-sama merupakan bukti bahwa mereka bernasib sama. ”Jadi warga mengadukan ke polisi bertujuan agar dibuktikan,” urainya. Perwakilan warga diterima di ruang Kanit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Sumenep. Warga keluar setelah beberapa saat di tipikor. Kepada warga tersebut, pihak kepolisian memberi saran agar laporan tersebut dilengkapi. Terutama, untuk menguatkan dugaan kalau ada penyimpangan.

Menurut para warga, dalam waktu dekat mereka akan segera kembali ke polres untuk mempertanyakan langkah penyelidikan yang dilakukan polisi. Karena, masih menurut warga, mereka siap memberikan keterangan ke penegak hukum kalau dibutuhkan. Kapolres Sumenep AKBP Marjoko melalui Kabag Ops Kompol Edy Purwanto menegaskan, setelah warga melengkapi bukti awal akan langsung menindaklanjuti. Seperti tanda bahwa mereka memang DPM, termasuk halhal lain sesuai kebutuhan proses penyelidikan. ”Kita bergerak sesuai bukti Mas,” pungkas Kabag Ops kemarin. (radar)

http://www.maduraterkini.info/berita-sumenep/adukan-soal-raskin-ke-polres.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar