Kamis, 18 Juli 2013

Warga Miskin Dipaksa Makan Beras Busuk

18 Juli 2013

PASAWAHAN, RAKA - Sejumlah warga miskin di Desa Pasawahan, Kecamatan Pasawahan, kaget saat menerima bantuan raskin. Pasalnya, kali ini beras yang mereka beli dari pemerintah itu kualitasnya rendah, bahkan tidak layak dikonsumsi.

"Setelah dibawa pulang, beras ini berbau apek, berkutu, dan sebagian besar hancur," keluh Maman (48) warga Kampung Sukamaju, Desa Pasawahan, Rabu (17/7) kemarin.
Kondisi itu sebenarnya sudah diketahui warga saat beras dipasok melalui ketua RT-nya masing-masing, Namun, mereka sebagian besar takut melapor karena menurut mereka beras itu dibeli dengan harga sangat murah yaitu Rp 2.000 per kilogram. "Bulan lalu tak seperti ini kualitasnya, tapi sekarang beras sepertinya tidak bisa kami masak karena bau apek," ujar dia.
Beras saat dicuci sebelum dimasak warnanya sudah agak kekuningan. Setelah mencoba memasaknya pun rasa beras juga agak bau apek dan tidak enak. "Kalau kami bisa memaksakan untuk mengkonsumsinya, tapi anak-anak yang gak mau makan. Hingga saat buka puasa kemarin saya terpaksa beli mencari nasi ke warung-warung, agar anak kami bisa buka puasa," tutur Maman.
Menurutnya, beras raskin bagi masyakat kurang mampu memang dirasa cukup membantu, apalagi adanya kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang disusul dengan bulan Ramadan, dimana harga-harga kebutuhan pokok melonjak, tak kecuali beras. "Untuk itu kami meminta agar pemerintah betul-betul membantu beban masyakat ini, paling tidak beras raskin yang diperuntukan membantu kebutuhan kami ini, ditambah jatahnya dan juga dengan kualitas bagus," harap Maman.
Sementara itu, Kepala Urusan Ekonomi Desa Pasawahan, Soleh, membenarkan jika raskin yang dipasok kali ini kualitasnya jelek. Berbeda dengan kemarin, beras raskin bisa dibilang cukup bisa layak konsumsi. "Ya, keluhan warga itu benar raskin berkutu dan bau, tapi mungkin mereka sedang butuh sampai saat ini tak ada yang mengembalikan ke desa, bahkan banyak juga yang beli," katanya, seraya mengatakan di Desa Pasawahan mendapatkan jatah raskin 235 karung, disalurkan ke 22 RT. (din)

http://www.radar-karawang.com/2013/07/warga-miskin-dipaksa-makan-beras-busuk.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar