Selasa, 27 Agustus 2013

Bulog Kota Madiun Diminta Tak Kirim Lagi Raskin Jelek

26 Agustus 2013

Madiun (beritajatim.com) - Pemkot Madiun meminta agar pihak Bulog menjamin kasus beras miskin (raskin) kualitas buruk yang terjadi beberapa waktu yang lalu tidak terulang kembali. Pihak Bulog diharap tetap harus mengutamakan kualitas raskin yang disalurkan.

"Tadi Bulog sudah kita klarifikasi. Hanya dua itu saja yang buruk, yang lain tidak ada. Tapi kami ingin agar Bulog tetap menjamin raskin berkualitas baik yang didistribusikan," ujar Asisten Pemerintah Pemerintahan dan Pembangunan Pemkot Madiun Andriono Waskito, Senin (26/8/2013).

Andriono mengatakan, terkait temuan dua paket raskin dengan kualitas buruk kemarin, pihaknya belum akan melakukan langkah antisipatif. Pemkot hanya akan segera melakukan koordinasi dengan pihak terkait begitu ada temuan atau kasus raskin buruk seperti terjadi akhir pekan lalu.

Sementara itu, Kepala Bulog Subdivre IV Madiun, Taufan Akib, menilai kejadian raskin kualitas buruk kemarin hanya merupakan, kasusistik. Karena dari sekian banyak raskin yang disalurkan hanya ada dua paket yang bermasalah.

"Ya hanya dua orang saja yang menerima beras buruk itu. Itu kasuistik saja, yang lainnya bagus kok. Dan yang kemarin itu beras pecah bukan menir. Itupun yang rusak juga sudah kita ganti," ucap Taufan.

Taufan masih memperkirakan adanya raskin dengan kualitas buruk adalah terjadi karena pasokan. Yaitu pasokan yang buruk akibat anomali cuaca. Kadar air yang terlalu tinggi membuat beras mudah pecah atau broken.

Saat ini, Bulog menyalurkan sekitar 83.400 kg raskin untuk 5.560 rumah tangga sasaran (RTS) tiap bulannya. Dengan jumlah ini, menurutnya masih wajar kalau ada satu atau dua karung yang dalam kondisi rusak.

"Seperti sebuah pendataan, biasanya ada margin of error. Ini begitu juga, dari ribuan karung mungkin ada juga yang rusak. Tapi kami berjanji siap mengganti kok," tegasnya. [rdk/but]

http://m.beritajatim.com/detailnews.php/6/Politik_&_Pemerintahan/2013-08-26/182054/Bulog_Kota_Madiun_Diminta_Tak_Kirim_Lagi_Raskin_Jelek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar