Jumat, 11 Oktober 2013

Kadus Ancam Warga Pilih Pasangan Nomor Satu

10 Oktober 2013

MedanBisnis – Patumbak. Warga Dusun XI, Desa Marendal I, Kecamatan Patumbak, Deliserdang yang mengambil jatah beras miskin (raskin), merasa diintimidasi oknum kepala dusun (Kadus) dengan cara menarik Kartu Raskin dengan alasan penyaluran raskin diberhentikan. Jika warga memilih pasangan cabup/cawabup, nomor urut satu baru raskin tersebut disalurkan kembali.
Intimidasi secara terstruktur ini ditemui oleh LSM Insan Sawira Mandiri berdasarkan laporan warga dan investigasi lapangan bersama pengurus Badan Permusyawaratan desa (BPD) Marendal I, Senin (7/10).

Temuan ini semakin menguatkan dugaan kecurangan keterlibatan aparat desa dan dusun dalam memenangkan salah satu pasangan calon bupati dan calon wakil bupati DS.

Menurut Ketua LSM Insan Sawira Mandiri M Agus Salim S.Sos kepada wartawan, Selasa (8/10), temuan ini akan ditindaklanjuti kepada panitia pengawas Kecamatan Patumbak. "Sebab bisa saya hal ini juga terjadi secara masif di seluruh wilayah Kabupaten Deliserdang," sebutnya.

Untuk itu, Agus mengatakan, masyarakat tidak perlu takut akan intimidasi tersebut. Dan yakinlah, masyarakat sudah cerdas dan tidak akan memilih calon pemimpin yang berprilaku curang.

Ketua Pusat Studi Demokrasi Indonesia Fery menyesalkan banyaknya temuan kecurangan yang melibatkan aparatur pemerintah desa dalam menggalang massa untuk memenangkan salah satu calon. Fery juga belum melihat keseriusan Panwas Kabupaten Deliserdang untuk memantau berbagai kecurangan yang terjadi dan cenderung bersifat pasif, serta menunggu laporan.

Mestinya panwas harus proaktif yang sebenarnya kecurangan secara kasat mata banyak ditemukan. Sebagai contoh rapat para kepala dusun yang dipimpin Camat Patumbak Zainal Hutagalung di Jalan Kongsi No 2, di warung Pak Soemantri, secara terbuka untuk memenangkan pasangan AZAN yang juga dihadiri Ketua PPS Desa Marendal I Ngatiman, Senin (7/10) malam.

Kemudian juga kecurangan yang terjadi pada acara peringatan hari koperasi di Kecamatan Sunggal yang menghadirkan Ashari Tambunan sebagai calon bupati, dan juga pada peringatan puncak hari BKKBN di lapangan reformasi Kecamatan Percut Sei Tuan yang juga dihadiri oleh Bupati DS Amri Tambunan melibatkan camat, kepala desa dan aparat dusun untuk memenangkan pasangan Ashari Tambunan dan Zainudin Mars.

"Ada juga acara Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga di berbagai kecamatan yang dikemas dengan acara halal-bil halal beberapa waktu yang lalu, yang pada substansinya memenangkan pasangan tertentu," tegas fery.

Tokoh masyarakat Patumbak H Abdullah Husaini menyatakan keprihatinan yang sedalam-dalamnya terhadap dugaan kecurangan yang terjadi pada pemilukada DS. "Apalagi mengorbankan masyarakat miskin," tegasnya. ( zainul abdi nasution)

http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2013/10/10/55738/kadus_ancam_warga_pilih_pasangan_nomor_satu/#.UldEklOgA1E

Tidak ada komentar:

Posting Komentar