Rabu, 27 November 2013

Bulog Akan Hentikan Bantuan Raskin

27 November 2013

TASIK – Bulog Sub Divisi Regional Ciamis akan menghentikan pendistribusian beras miskin (raskin) ke Kabupaten Tasikmalaya jika tunggakan Rp 2 miliar tidak dilunasi akhir tahun 2013.
”Paling lambat kami tunggu sampai minggu kedua bulan Januari 2014,” ungkap Kepala Bulog Sub Divisi Regional Ciamis Dindin Samsudin saat dihubungi Radar melalui sambungan telepon kemarin (25/11).
Bulog, kata dia, akan terus memantau perkembangan pembayaran utang raskin. Biasanya, Kabupaten Tasikmalaya mampu melunasi utangnya di akhir tahun. ”Itu kan tidak ada yang dari masyarakat, hanya mungkin ada di perangkat desa seperti terlambat setor (uang raskin),” katanya.
Tunggakan raskin yang mencapai angka Rp 2 miliar, jelas dia, masih bisa disebut normal. Pasalnya, nominal tunggakan tidak lebih dari pagu raskin yang mencapai Rp 3,2 miliar. Sedangkan di Priangan Timur, daerah paling besar memiliki tunggakan raskin yaitu Kabupaten Garut yang mencapai Rp 3 miliar.
Dindin menjelaskan sesuai dengan usulan Pemerintah Pusat, diharapkan pemda bisa menyediakan dana operasional untuk biaya distribusi dari desa ke titik penerima manfaat.

Dana operasional itu agar memperlancar pendistribusian raskin dan setoran uang tidak lambat. ”Jadi jangan sampai yang rutin setiap bulan, menjadi tidak rutin (karen distribusi terhambat),” ungkapnya.
Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat (Asda II) Kabupaten Tasikmalaya H Cece Suryaman Martakusumah menyatakan pemerintah sedang memantau perkembangan pembayaran raskin di desa dan kecamatan. Termasuk mencari tahu titik hambatan dalam distribusi raskin dan setoran uangnya.
Saat ini, kata dia, sudah ditemukan ada raskin yang masih belum didistribusikan. Raskin masih menumpuk di desa karena lokasi rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTS-PM) sangat jauh. Selain itu, ada juga masyarakat yang belum membayar raskin.
”Kami menargetkan akhir tahun dan tidak nyampai Januari tunggakan sudah lunas agar pasokan tahun depan lancar,” ungkapnya. (yfi)

http://www.radartasikmalaya.com/index.php?option=com_content&view=article&id=22243%3Abulog-akan-hentikan-bantuan-raskin&catid=30%3Athe-community&Itemid=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar