Sabtu, 21 Desember 2013

Serapan Raskin Belum 100%

Jumat, 20 Desember 2013

Para pekerja sedang menata stok beras raskin di gudang Bulog Warunggunung,
RANGKASBITUNG- Komunitas Aspiratif (Komunas) Kabupaten Lebak minta agar penyerapan beras untuk rakyat miskin (raskin) sampai dengan akhir tahun bisa dipublikasikan oleh Pemkab Lebak. karena hal ini penting untuk mendorong fungsi pengawasan masyarakat. Terlebih lagi, pada tahun 2013 ini ada 15 pagu raskin yang bisa diserap rumah tangga miskin ( RTM ) yang terdiri dari pagu reguler sebanyak 12 pagu atau 1 pagu per bulannya, ditambah 3 pagu berupa raskin pasca kenaikan harga BBM. "Kami berharap Pemkab Lebak mempublikasikan penyerapan raskin tersebut, sehingga bisa diketahui oleh masyarakat, desa-desa mana saja yang tidak terserap 100 persen sampai dengan akhir tahun," kata ketua Komunas Kabupaten Lebak, Achmad Syarif, kepada wartawan, Kamis (19/12).

Kasubag sarana dan pembinaaan perekonomian rakyat  Dani Hendarman mengatakan, penyerapan raskin di Kabupaten Lebak secara jumlah memang meningkat. Namun, secara persentase hingga saat ini (kemarin-red) masih di bawah, yakni 97,84 persen. Sedangkan pada tahun 2012 penyerapan raskin mencapai 99,84 persen . "Kita masih menunggu hingga penutupan buku tanggal 24 Desember nanti, mudah-mudahan penyerapan akan terus meningkat hingga 100 persen," ujar Dani. Dikatakan Dani, kebutuhan raskin Kabupaten Lebak untuk pagu satu tahun mencapai 21.246.480 kilogram, sedangkan yang sudah diserap atau disalurkan kepada RTM sebanyak 20.787.120 kilo gram, dan sisa pagu raskin yang belum terserap sebanyak 459.390 kilogram. "Pagu yang tidak terserap ini akibat dari beberapa desa yang menunggak, sehingga raskin tidak tersalurkan, karena bagi desa yang menunggak, pagu untuk yang bulan selanjutnya tidak akan diberikan sebelum tunggakan tersebut dilunasi," tegasnya.

Terpisah, Kepala Bulog Sub Divre Lebak-Pandeglang Herman Sadik mengatakan, pihaknya berharap dengan waktu yang tinggal beberapa hari lagi menjelang akhir tahun, pihak desa bisa menyalurkan pagu raskin yang masih tersisa ini kepada masyarakat. "Kami berharap kepada pihak desa agar bisa menyerap seluruhnya beras  yang sudah disubsidi oleh pemerintah ini," harap herman. (mg-fadilah)

http://bantenraya.com/banten-raya/lebak/2963-serapan-raskin-belum-100

Tidak ada komentar:

Posting Komentar