Selasa, 11 Maret 2014

Desa Kokarlian Terima Beras Raskin Busuk

Senin, 10 Maret 2014

Taliwang, Gaung NTB – Program droping Beras Miskin (Raskin) kembali dilakukan pemerintah melalui Perum Bulog Sub Divisi Regional (Divre) Kecamatan Alas.

Namun, sayangnya Raskin sebanyak 30 zak dengan berat bersih masing-masing 15 kg yang didrop ini dalam kondisi sudah busuk.
Itu terlihat dari tekstur beras yang sudah berwarna kuning kecoklatan disertai bau yang tidak sedap (tengik). Jika dimasak, tentunya tidak akan seperti nasi pada umumnya yang layak dikonsumsi menurut standar kesehatan.

Kepala Desa Kokarlian Kecamatan Poto Tano, Muhammad Dahlan, sangat terkejut ketika membuka karung beras yang ternyata sudah dalam kondisi busuk tersebut.

Untuk diketahui, Raskin tiba Rabu (5/3) lalu. setelah diterima, pemerntah desa langsung mendistribusikannya kepada warga penerima melalui RT masing-masing. Salah satu ketua RT melaporkan kepada pihaknya bahwa diantara Raskin itu ada yang sudah membusuk. “Setelah dicek lagi kita temukan ada 16 zak Raskin yang rusak. Hari Jum`at kami temukan lagi 14 zak yang sudah busuk,” ujar Muhammad Dahlan.

Mengetahui hal itu, Ia langsung membuat berita acara pelaporan serta dokumentasi yang disampaikan kepada Perum Bulog Sub Divre Kecamatan Alas.

Secara kelembagaan, Muhammad Dahlan mengaku sangat menyayangkan hal itu, sebab akan berdampak pada proses dan jadwal penyaluran Raskin diwilayahnya. “Semestinya Dolog sebelum mendroping mengecek dulu. Kalau mekanismenya seperti itu dipastikan masalah ini tidak akan terjadi,” tegasnya. tuturnya.

Sementara itu Bupati Sumbawa Barat, Dr KH Zulkifli Muhadli, SH, MM, ketika menerima informasi itu langsung menghubungi Camat Poto Tano, Hamzah SSos, untuk melakukan survey ke Desa Kokarlian guna mengambil sampel beras busuk tersebut.

Kepada camat-camat yang lain, Bupati, menginstruksikan agar memeriksa seluruh Raskin yang telah di drop termasuk memerintahkan jajarannya untuk membuat laporan tertulis jika hal yang sama juga di ketemukan.

Atas laporan dari pihak desa setempat, berselang beberapa waktu kemudian Perum Bulog Sub Divre Alas langsung mengganti seluruh beras Raskin yang dilaporkan membusuk dengan beras yang bagus.

http://www.gaungntb.com/2014/03/desa-kokarlian-terima-beras-raskin-busuk/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar