Senin, 10 Maret 2014

Warga Bojonegoro Terima Raskin Tak Layak Konsumsi

Minggu, 9 Maret 2014

Bojonegoro - Beras untuk warga miskin (Raskin) tak layak konsumsi kembali diterima masyarakat di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Raskin itu disalurkan Bulog Sub Drive III Bojonegoro pada Pebruari 2014 lalu.

Syamsul Huda, warga desa Tanjungharjo, Kecamatan Kapas, menyampaikan, pihaknya mewakili empat desa lainnya, yakni Desa Wedi, Kapas, Kalianyar dan Desa Kedaton, menerima raskin yang kualitasnya jelek.

"Saya mengantongi nama UD yang digandeng Bulog, jadi mohon dijadikan perhatian bagi pemerintah," tegasnya.

Dia menyatakan, selama tiga bulan terakhir raskin yang disalurkan kualitasnya baik dan layak konsumsi. Tapi entah kenapa raskin kembali pada tahun sebelumnya yang tidak layak konsumsi.

"Warga itu bosan, kalau berasnya jelek mengembalikannya ke perangkat desa. Harusnya tugas pemkab untuk mengecek ke lapangan," tandasnya.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab setempat, La Sujono, mengatakan, pihaknya kekurangan personil jika harus mengecek satu persatu kualitas raskin yang dibagikan se Kecamatan.

"Tenaga tidak sebanding dengan wilayah," sambung dia.

Kepala Bulog Sub Drive III Bojonegoro Effdal MS, menyatakan, raskin bagi rumah tangga sangat miskin (RTSM) yang disalurkan kemungkinan ada yang kualitasnya tidak standar. Karena itu pihaknya meminta warga penerima bisa langsung meminta menukar berasnya yang sesuai standar kepada petugas apabila menerima beras yang tidak sesuai standar.

"Kami akan langsung mengganti dengan beras yang sesuai standar," tegas Effdal.

Dia mengungkapkan, penyaluran  jatah beras miskin bagi warga penerima jatah Nopember bersamaan dengan penyaluran Pebruari sesuai surat edaran Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra).

"Penerima jatah beras miskin di Bojonegoro sebanyak 118.354 RTSM  di 419 desa/kelurahan di 28 kecamatan dengan alokasi sebanyak 26.679.650  kilogram," pungkas dia.(rien)

http://suarabanyuurip.com/kabar/baca/warga-bojonegoro-terima-raskin-tak-layak-konsumsi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar