Senin, 30 Juni 2014

Kualitas Raskin Jelek, Warga Miskin Protes

Senin, 30 Juni 2014

TANJUNGENIM,Sumsel Post—

Jatah beras miskin (Raskin) yang diterima warga Kelurahan Pasar Tanjungenim, Kecamatan Lawang Kidul Muaraenim dinilai tak layak dikonsumsi. Akibat buruknya kualitas Raskin  ini, para ketua RT dilingkungan tersebut mengajukan protes.

Hasinah (65) warga setempat   yang berprofesi sebagai pekerja di salah satu rumah makan kepada wartawan koran ini mengatakan beras yang diterimanya pada Selasa (24/6) dari ketua RT 02/07 H Sulaiman merupakan beras miskin yang paling jelek kualitasnya.

“Mutunya sangat jelek, mana baunya apek, berdebu dan berkutu. Tolong harga kami warga miskin ini, kalau sudah terlalu jelek jangan dibagikan lagi, memangnya kami ini ayam, apa? Katanya.


Diakui sebagai warga miskin, keluarga  sudah biasa makan beras yang mutunya kurang baik. “Tapi kami belum pernah menerima beras miskin yang seburuk ini,” ujarnya.

Dikatakannya, beras yang terima itui warnanya sudah kekuning-kuningan, berdebu, berkutu dan banyak sekamnya, mana pecah pecah lagi. “Raskin itu tak ubahnya pakan ayam. Bahkan untuk memasaknya saja saya tidak berani, saya tidak dapat membayangkan bagaimana bentuk nasinya,” ujarnya.

hal senada juga diungkapkan Arsati (70) warga RT 05/07 Kelurahan Pasar Tanjungenim, dia juga menerima Raskin dengan kualitas yang sama. Sementara Ketua RT Nurlety. membenarkan kalau beras yang diterimanya  sama dengan beras yang diterima ketua RT lainnya.

"Samo bae Om beras yang kami terimo ini banyak nian menernya. Mano sekamnya banyak pulok jadi kalu di tampi debunya banyak nian, mano kutuan lagi," ujar Arsati.

Beradasarkan informasi yang diterima dari keempat ketua RT masing Masing Ketua RT 05 Nurlety, Ketua RT 02 H Sulaiman Ketua RT 03Juafrin dan ketua RT 01 Nesti Senen,  kesemuanya membenarkan kalau beras miskin  yang diterima daru Bulog pada bulan ini adalah beras yang paling jelek pernah diterima.

" Kasian pak. Mereka juga manusia dan Pemerintah berkewajiban memberikan hak mereka dengan kwalitas beras yang pernah dijanjikan,” ujar para ketua RT ini. Para ketua RT ini berharap kedepannya, Bulog dapat mendistribusikan Raskin berkualitas baik. (Jazzi)

http://www.sumselpost.com/index.php/en/headline/905-kualitas-raskin-jelek-warga-miskin-protes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar