Rabu, 19 November 2014

Polres Taput Selidiki Dugaan Penyimpangan Raskin

Selasa, 18 November 2014

Tarutung - Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Taput menyelidiki (Lidik) kasus dugaan penyimpangan penyaluran beras miskin (Raskin) di Taput 2013.

“Saat ini, kita menyelidiki kasus dugaan penyimpangan penyaluran Raskin di Taput 2013,”jelas Kasubbag Humas Polres Taput Aiptu. W. Baringbing SH kepada wartawan, Senin, (17/11) di Mapolres setempat.

Baringbing menjelaskan, penyelidikan ini dilakukan setelah pihaknya menerima laporan dari masyarakat, penyaluran Raskin di Taput diduga terjadi mark up harga satuan yang sudah ditetapkan dengan modus untuk biaya transportasi.

Padahal, biaya untuk transportasi sebelumnya sudah ditampung pada APBD Taput 2013 sebesar Rp 335 juta. Disebutkan, sebelumnya harga satuan Raskin yang dijual kepada Rumah Tangga Sasaran (RTS) seharusnya Rp 1600 per kilogram, namun pada realisasinya masyarakat membeli Raskin seharga Rp 2.300 per kilo.

“Ada kenaikan harga Rp 700 per kilogram yang dijual kepada masyarakat dengan modus untuk biaya transportasi, padahal biaya transportasi sudah ditampung di APBD Taput. Hal ini yang perlu kita Lidik,”jelasnya dan mengatakan berdasarkan laporan selama 2013 kabupaten menerima jatah Raskin sebanyak 3.984.525 kilogram.

Selain menyangkut penyimpangan harga, Baringbing menambahkan, pihaknya saat ini menelusuri ada laporan dugaan pengurangan jatah raskin yang diterima masyarakat setiap bulan.

Disebutkan, setiap bulan harusnya RST menerima jatah Raskin sebanyak 15 kilogram.

“Namun info ke kita, masyarakat hanya menerima Raskin 5 kilogram per bulan, sedang sisanya digeser ke pihaknya yang tidak berhak dengan harga miring,” ujarnya.

Dia mengatakan, dalam penyelidikan ini, pihaknya akan meminta keterangan dari Badan Perekonomian Pemkab Taput selaku pihak yang berwenang dan menangani penyaluran dan pendistribusian Raskin kepada masyarakat. (can)

http://nababan.wordpress.com/2014/11/18/polres-taput-selidiki-dugaan-penyimpangan-raskin/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar