Senin, 10 November 2014

Warga Pergoki Kades Angkut Raskin Malam Hari

Senin, 10 November 2014

SRIPOKU.COM, MUARAENIM --- Warga Desa Sukamanis, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), adukan Kades Sukamanis Ayatur Kodri, ke polisi, Sabtu (8/11). Ayatur diduga telah gelapkan bantuan Beras Miskin (Raskin) untuk warga sebanyak 10 ton.
Menurut Hendri (38) dan Ishak (36) yang mewakili warga Desa Sukamanis di depan penyidik Polres Muaraenim, terungkapnya aksi penggelapan Raskin tersebut berawal ketika warganya yang biasa setiap tahun menerima Raskin, pada tahun 2014 ini, tidak kunjung menerima Raskin.
Padahal warga desa tetangga masih tetap menerima Raskin. Bahkan warga berulangkali mencari tahu penyebab tidak dapat bantuan Raskin tetapi hasilnya nihil. Karena penasaran dan curiga, akhirnya atas kesepatan bersama, dilakukan pengintaian di depan rumah Kades Sukamanis yang kebetulan masih banyak hutan.
Sekitar pukul 23.00, warga melihat ada sebuah truk yang sedang bermuatan Raskin di rumah Kades Sukamanis. Kemudian truk tersebut dikuntit menuju Desa Tanah Abang Jaya. Melihat ada yang tidak beres, wargapun langsung melakukan upaya pencegatan di tengah jalan, namun supir truk tancap gas dan menghilang di tengah kegelapan malam. Warga yang tidak putus asa, terus melakukan pencarian, dan akhirnya berhasil menemukan ceceran beras bekas bongkar muat di rumah Wawan salah seorang warga Desa Tanah Abang Jaya yang masih kerabat Kades Sukamanis.
Atas informasi di lapangan, diduga yang menyuruh supir truk menitipkan beras di rumah Wawan atas perintah RM yang sehari-harinya memang pedagang beras. Atas temuan tersebut, akhirnya disepakati untuk mengadukan hal tersebut ke pihak berwajib.
"Kami memang sudah lama curiga, tetapi belum ada bukti. Sekarang tertangkap tangan. Nanti warga akan bawa Raskin sekitar 10 ton untuk barang buktinya," tukas Hendri dan Ishak.
Ketika dikonfirmasi ke Kapolres Muaraenim AKBP M Aris melalui Kasatreskrim AKP Eryadi, membenarkan laporan dari warga Desa Sukamanis masalah penggelapan Raskin yang diduga  dilakukan oleh Kades Sukamanis AK. Saat ini, pihaknya sedang melakukan pemeriksaan saksi-saksi dan mengumpulkan barang bukti. Setelah itu, barulah akan melakukan pemanggilan terlapor Kades Sukamanis tersebut.

http://palembang.tribunnews.com/2014/11/09/warga-pergoki-kades-angkut-raskin-malam-hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar