Kamis, 11 Desember 2014

Tunggakan Raskin Kabupaten Sukabumi Capai Rp 8 Miliar

Rabu, 10 Desember 2014

Tunggakan raskin untuk tahun penyaluran 2014 di Kabupaten Sukabumi mencapai sekitar Rp 8 miliar. Dalam hal tunggakan raskin, Kabupaten Sukabumi menempati posisi teratas yang disusul Kabupaten Cianjur dan Kota Depok. Subdivre Bulog Cianjur tidak mau tahu, tunggakan tersebut harus dilunasi sebelum penyaluran tahun 2015 dimulai.
“Kami terus melakukan penagihan kepada desa-desa yang menunggak pembayaran raskin. Desa-desa yang menunggak raskin tersebar di beberapa kecamatan dengan besar tunggakan yang bervariasi. Totalnya antara Rp 7 - Rp 8 miliar," kata Kepala Subdivre Bulog Cianjur Budi Setiawan kepada galamedia.news.com, Rabu (10/12/2014).
Berbagai upaya telah dilakukan Budi dan jajarannya untuk menihilkan tunggakan raskin tersebut. Selain penagihan, aparat Bulog juga melakukan monitoring dan pengawasan ke desa-desa penunggak. Dari hasil monitoring itu, Bulog memperoleh pengakuan dan keterangan, sebagian uang yang diperoleh dari penyaluran raskin digunakan oleh kepala desa untuk menutupi kebutuhan pribadi dan pembayaran PBB.
“Kami tidak mau tahu, sebelum tahun baru, tunggakan raskin harus dibayar. Jika tidak melunasi tunggakan, desa-desa penunggak akan ditunda pengiriman raskinnya,” ujar Budi.
Sejauh ini, Bulog masih mampu menangani tunggakan raskin itu dengan menggunakan tenaga internal. Bulog belum merasa perlu untuk meminta bantuan dari aparat penegak hukum.
“Untuk membereskan tunggakan raskin ini, kami meminta pemda yang dalam hal ini bagian kesejahteraan rakyat ikut aktif membantu kami,” kata dia.

Selain Sukabumi, Cianjur, dan Depok, wilayah kerja Subdire Bulog Cianjur meliputi Kota dan Kabupaten Bogor. Untuk urusan pembayaran raskin, Budi memuji Pemkot Bogor yang telah memberikan dana talangan untuk satu tahun.
"Hendaknya pemda-pemda yang lain juga mengikuti jejak Pemkot Bogor. Jika semua pemda menganggarkan dana talangan, penyaluran raskin sepanjang tahun tidak akan menemui hambatan," katanya.

Ahmad Junaedi

http://www.galamedianews.com/daerah/2471/tunggakan-raskin-kabupaten-sukabumi-capai-rp-8-miliar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar