Senin, 16 Februari 2015

Presiden Respon Baik Usulan Raskin Diganti Rasda

Minggu, 15 Februari 2015

REPUBLIKA.CO.ID, WATES -- Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo mengatakan Presiden Joko Widodo merespon baik usulan beras miskin (Raskin) diganti dengan beras daerah (Rasda). Pergantian itu dinilai akan lebih menguntungkan petani di daerah.

Usulan tersebut disampaikan Hasto Wardoyo saat bersama bupati se-DIY dan Gubernur Sri Sultan Hamengku Buwono X menghadap Presiden dan Wakil Presiden di Istana Bogor, Jumat (13/2) lalu.

Dalam pertemuan tersebut Presiden bersama kepala daerah membahas agenda prioritas pemerintan dan pembangunan. Setiap bupati/wali kota menyampaikan isu-isu strategis yang berada di wilayahnya masing-masing.

"Kita bersama bupati dan gubernur, menghadap Presiden dan Wapres di Istana Bogor, masing-masing menyampaikan beberapa program di masing-masing daerah. Untuk Kulonprogo direspon sangat baik, usulan untuk merubah Raskin menjadi Rasda," kata Hasto.

Hasto melanjutkan, di hadapan Presiden, ia menekankan dua hal yang berkaitan dengan Raskin. Pertama, istilah miskin tidak perlu ditonjolkan meskipun itu bantuan untuk warga miskin.

Kedua,  sebagai semangat bela beli produk lokal, maka pendaerahan Raskin kemudian menjadi Rasda itu mengandung makna yang cukup besar. Sebab dalam pengadaan beras daerah, petani diberi kepercayaan untuk mensuplai kebutuhan beras di daerahnya masing-masing.

Menurutnya dana pemerintah pusat yang dikucurkan untuk pengadaan beras miskin diterima kelompok tani atau koperasi petani di desa-desa. Sehingga dana tersebut mempunyai double effect, Pertama, Rasda memberi tambahan nutrisi bagi mereka yang dianggap kekurangan pangan. Kedua, memberikan bantuan finansial kepada petani yang memproduksi beras untuk Rasda.

"Saya kira kalau pemerintahan Jokowi- JK mengambil keputusan kebijakan sesuai dengan usulan kami, maka ibaratnya pemerintah pusat itu beli satu dapat dua. Hanya mengeluarkan satu anggaran Raskin, tapi mempunyai dua efek yang besar," jelasnya.

http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/15/02/15/njsf2c-presiden-respon-baik-usulan-raskin-diganti-rasda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar