Senin, 20 April 2015

Warga Tidak Miskin Ngotot Beli Raskin di Sukra Indramayu

Minggu, 19 April 2015

INDRAMAYU (Pos Kota) – Delapan kuwu di Kecamatan Sukra mulai mendistribusikan Raskin yang dijual kepada Rumah Tangga Sasaran (RTS) di masing-masing desa dengan harga Rp1.600 per Kg, sesuai instruksi Camat Sukra Ahmad Santoso SE.

Sebelumnya, ke-8 Kuwu di Kecamatan Sukra itu menolak menerima Raskin. Alasannya karena Pemerintah Desa bingung membagi Raskin itu. Masalahnya, karena masyarakat, baik yang miskin sungguhan maupun yang miskin-miskinan sama-sama ngotot ingin membeli Raskin. Hal itu membuat Pemerintah Desa bingung membagi Raskin.

Jika Raskin hanya dijual kepada RTS, maka Pemerintah Desa Karanglayung akan menjadi sasaran unjuk rasa masyarakat. Sebaliknya, seandainya Raskin dijual kepada seluruh warga, maka hal itu tidak sesuai dengan aturan. Oleh karena itu, Pemerintah Desa Karanglayung yang sudah membentuk Satuan Kerja Raskin menyerahkan masalah pembagian Raskin kepada RTS untuk dibagi kepada warga lain yang berminat, sekalipun tergolong warga non miskin.

Satuan Kerja Raskin Desa Karanglayung Kartim dihubungi Pos Kota di Aula Balai Desa Karanglayung kemarin mengatakan, kiriman Raskin dari gudang Dolog untuk Desa Karanglayung sebulan berjumlah 354 karung, masing-masing karung berisi Raskin seberat 15 kg dengan harga jual Rp24 ribu ke tiap RTS.

Realita di masyarakat, Raskin menjadi Rasta alias Beras Dijual Rata. “Kami selaku Satker memberikan solusi dalam pendistribusian Raskin. Sehingga mudah-mudahan tidak terjadi masalah kepada RTS yang menerima Raskin 15 kg dibagi untuk 4 RTS. Yang membagi Raskin itu adalah RTS nya sendiri. Setiap RTS yang berhak membeli Raskin itu sudah diberi kartu pengambilan Raskin,’’ paparnya.

Kartim mengharapkan Raskin yang dipasok dari sejumlah gudang Dolog untuk dikonsumsi keluarga miskin itu kualitasnya harus yang sesuai dengan harapan masyarakat dan harapan pemerintah yang mensubsidi penjualan Raskin kepada RTS itu, sehingga Raskin itu layak dikonsumsi manusia.

(taryani/sir)

http://poskotanews.com/2015/04/19/warga-tidak-miskin-ngotot-beli-raskin-di-sukra-indramayu/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar