Sabtu, 10 November 2012

Warga Keluhkan Berat Raskin Menyusut

09 November 2012

TAKALAR, CAKRAWALA – Warga Kelurahan Parangluara, Kecamatan Polombangkeng Utara, Takalar mengeluhkan berat beras miskin (raskin). Setiap karung beras raskin yang dibagikan ke warga ditemukan berkurang beratnya. Dari 15 kilogram per karungnya, menyusut hingga dua kilogram. Lurah Parang­luara, Muhammad Arif membenarkan hal tersebut.
“Jumlah karung yang dite­rima tetap sama. Tapi dalam satu karung beratnya kami temukan menyusut hingga sampai dua kilogram,” kata Muhammad Arif, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu, 7 November.
Menurut Arif, pihaknya telah berulangkali memprotes pengurangan tersebut kepada pihak Bulog. Hanya saja, keluh­an tersebut tidak pernah diindahkan pihak bulog. Ia menambahkan, pendistribusian raskin ke wilayahnya kerap dilakukan pihak bulog pada sore atau malam hari.
Kabag Ekonomi Sekretariat Daerah Takalar, Andi Bonewaty mengaku tidak mengetahui pasti pendistribusian maupun pengurangan berat raskin yang dikeluhkan warga penerima. Hal ini, kata dia, selama ini pihak bulog di Takalar sendiri tidak pernah mengkoordinasi jadwal pendistribusian raskin ke masyarakat.
“Setiap ada masalah, pihak pemkab dalam hal ini kami yang selalu disalahkan oleh dewan. Karena tidak mengetahui jadwal pasti pendistribusian raskin,” kata Andi Bonewaty.
Dia mengatakan, surat permintaan jadwal pendistribusian raskin untuk disampaikan kepada pemkab tidak pernah dijawab pihak bulog.
Padahal, ujarnya, hal tersebut sangat penting untuk diketahui pemkab.
“Kalau ada jadwal dipegang, pihak kami juga akan menurunkan tim untuk me­lakukan pemantauan saat pendistribusian dilakukan pihak bulog,” jelasnya.
Terpisah, pihak bulog yang diwakili Kasub divre Bulog Makassar, Ishak Madjid, mengakui ada kesalahan dalam pendistribusian raskin. Hanya saja, pihaknya tidak mengetahui perihal adanya pengurangan berat raskin dalam setiap karungnya.
“Kalau sampai setengah kilo mungkin bisa dimaklumi. Tapi kalau lebih dari setengah kilo berarti memang ada yang mengambil di perjalanan.
Karena dari gudang bulog, kita yakin beratnya sudah ditimbang dan sesuai dengan takaran yang seharusnya,” ucap Ishak. (kr5/eca)

http://cakrawalaberita.com/daerah/warga-keluhkan-berat-raskin-menyusut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar