Jumat, 23 November 2012

Warga Sindangbarang Minta Raskin Lebih Layak



CIANJUR, (PRLM).-Sejumlah desa di Kecamatan Sindangbarang mengeluhkan beras miskin (raskin) yang berbau apek serta berwarna kuning. Kkualitas untuk alokasi November dinilai warga tidak layak konsumsi dan meminta Bulog Cianjur segera menarik raskin tersebut.
Salah seorang warga Kec. Sindang Barang, Efendi (47) kepada "PRLM", Jumat (23/11) mengatakan meskipun kualitas jelek dan tidak layak, warga terpaksa untuk membeli raskin, karena harga beras kualitas 1 di pasaran mahal.
“Harga beras kualitas 1 dan 2 kisaran Rp7.000 hingga Rp7.500 per kilogram, sedangkan raskin dijual hanya Rp2.000 per kilogram. Makanya, warga tetap membeli raskin, walaupun kualitasnya buruk,” ujarnya.
Meskipun demikian, kata Efendi, kualitas raskin yang disalurkan seharusnya tidak seenaknya. Seringkali kualitas raskin dibawah beras layak.
"Jangan mentang-mentang kami butuh beras lalu dikasih kualitas yang jelek. Setiap bulan berasnya memang jelek, namun untuk bulan ini paling parah kondisinya," ucapnya.
Effendi mengatakan kondisinya berwarna kuning, bau apek dan bubuk. Saat dibagikan warga sudah mengeluhkan hal tersebut, namun petugas desa mengatakan kondisinya sudah begini, jadi tetap saja dibagikan.
"Saya juga tidak tahu kenapa, mungkin karena penyimpanan di titik terakhir yang tidak baik, mungkin disimpan di lantai tanpa penyangga, jadi kualitasnya menjadi seperti ini,”katanya.
Sementara itu, Kepala Sub Divre Bulog Wilayah II Cianjur Nurdin Ali mengatakan, pihaknya berharap kepada warga untuk segera melaporkan kepada pihak desa atau kecamatan, jika mendapatkan raskin dengan kualitas yang tidak layak.
“Beras yang sudah didistribusikan ke desa, berarti menjadi tanggungjawab desa, bukan Bulog lagi. Tapi, dalam aturan, kita punya kebijakan untuk mengganti beras yang rusak atau tidak layak dengan yang baru, asalkan ada barang buktinya. Sayangnya, hampir 70 persen keluhan tersebut tidak disertai barang bukti, yakni beras yang rusak tersebut,” ucapnya.

http://www.pikiran-rakyat.com/node/212481

Tidak ada komentar:

Posting Komentar