Selasa, 05 Maret 2013

Bulog Cianjur Akui Kualitas Raskin Menurun

4 Maret 2013

INILAH, Cianjur - Kepala Gudang Beras Baru (GBB) Karangtengah Perum Bulog Sub Divre Cianjur, Saepulloh mengaku, kualitas raskin alokasi Januari 2013 yang baru didistribusikan ke desa-desa mengalami penurunan mutu. Dia menduga, kondisi itu akibat jatah raskin yang disalurkan merupakan stok bulan Desember 2012.

"Bulan Februari 2013 lalu kami mendapatkan kiriman distribusi raskin dari Jawa Tengah. Dari informasi, katanya raskin yang dikirimkan dari Jawa Tengah itu merupakan stok tahun 2012. Kita tak mengetahui persis sudah berapa lama raskin yang disalurkan kali ini ketika di Jawa Tengah disimpan. Yang jelas, tak lama setelah kiriman diterima, kami langsung mendistribusikannya kepada RTS," terang Saepulloh di GBB Karangtengah, Senin (5/3/2013).

Meskipun demikian, kata Saepulloh, raskin itu masih layak konsumsi. Dia pun tak menampik, warna raskin alokasi tahun ini sudah berubah warna dan kadar patahannya ada.

"Tapi memang ini kenyataannya. Kami tak bisa menggantinya karena memang penyebab penurunan mutu ini lantaran faktor alam. Terkecuali ada penyusutan, kami pasti tindak lanjuti dengan menggantinya," terangnya.

Dia pun mengaku, penyaluran raskin 2013 mengalami keterlambatan karena masih menunggu juklak dan juknis Gubernur Jawa Barat. Baru setelah itu, di tingkat kota/kabupaten, kepala daerah mengeluarkan SK penyalurannya.

"Harganya masih Rp1.600 per kilogram. Gudang kami mampu menyimpan stok hingga 2.000 ton untuk melayani penyaluran ke 12 kecamatan," terangnya.[ang]

http://m.inilah.com/read/detail/1964285/bulog-cianjur-akui-kualitas-raskin-menurun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar