Jumat, 24 Mei 2013

Raskin tidak Layak Konsumsi Ditemukan di Kulonprogo

24 Mei 2013

KULONPROGO, berita21.com – Warga masyarakat penerima raskin (beras miskin) minta kepada Bulog untuk meningkatkan kualitas beras yang akan didistribusikan di bulan-bulan mendatang, dibanding yang diterima warga pada pendistribusian sebelumnya.
“Hal ini karena pada pendistribusian bulan lalu ditemukan beras yang tidak layak konsumsi,” kata Martoyo, warga Kulonprogo, Jum’at (24/5) pagi.
Meski dalam kesepakatan bila masyarakat mengetahui dapat menolak apabila beras tidak baik, namun warga tidak melakukan penolakan. Mereka tetap menerima dengan syarat tidak diulang kembali atau kualitas harus lebih baik.
Pada distribusi bulan April 2013, warga di desa Banjarasri Kalibawang sebenarnya tahu, kalau raskinnya yang diterima tidak layak. “Mereka hanya minta agar Bulog tidak mengulangi lagi atau kualitasnya harus lebih baik dibanding yang dibagi sebelumnya,” terang Sri Sudiati, tim raskin Kecamatan Kalibawang.
Pada saat rakor evaluasi distribusi raskin bulan April dan persiapan distribusi raskin alokasi bulan Mei 2013 di Gedung PMI Kulonprogo, Kamis (23/5), Sutarto dari Samigaluh juga mengeluhkan raskin banyak kutunya. “Meski begitu warga tetap menerima beras yang tidak begitu cerah itu,” kata Sutarto.
Berbeda dengan yang terjadi di desa Jatirejo, Lendah, Kulonprogo, raskin yang  tidak layak tersebut ditolak dan langsung diganti oleh Bulog pada hari itu juga. “Semuanya mencapai satu truk,” kata Ngatijo, petugas raskis Kecamatan Lendah.
Selain permasalahan kualitas raskin, Kabid Sosial Dinas Sosnakertrans Kulonprogo Arief Prastowo, S.Sos, MSi, menyampaikan hasil monitoring yang telah dilakukan. Yakni, adanya keterlambatan distribusi di kecamatan Temon sampai siang hari. “Ada perkembangan positif di wilayah Kokap setiap balai desa mencantumkan warga yang berhak menerima raskin,” kata Arief Prastowo.
Terkait keluhan kualitas raskin, Taufiq Budi Santoso dari Bulog DIY mengatakan, setiap beras yang keluar dari gudang Bulog layak untuk dikonsumsi. “Sehingga kalau ditemukan tidak layak konsumsi jangan dibagikan, tapi akan segera diganti,” papar Taufiq sambil menambahkan sekecil apa pun keluhan akan direspon.
Adapun jadwal pendistribusian raskin alokasi bulan Mei diawali Senin (27/5) di kecamatan Samigaluh dan Nanggulan, Selasa (28/5) Kokap, Rabu (29/5) Kalibawang, Kamis (30/5) Temon dan Wates, Jum’at (31/5) Girimulyo, Senin (3/6) Sentolo, Selasa (4/6) Galur dan Lendah, Rabu (5/6) Panjatan, Jum’at (7/6)  Pengasih.

Gun/B21

http://ekonomi.berita21.com/2013/tak-berkategori/raskin-tidak-layak-konsumsi-ditemukan-di-kulonprogo.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar