Selasa, 09 Juli 2013

Bupati Garut Marah Temukan Raskin Hitam dan Bau, Bulog: Memang Agak Kotor

8 Juli 2013

Garut - Bupati Garut Agus Hamdani marah saat sidak karena menemukan beras miskin (raskin) berwarna hitam dan bau. Ia mengancam akan menyegel gudang Bulog. Bulog mengakui ada raskin yang berkualitas rendah, tapi tidak semua.

"Beras yang ditemukan Pak Bupati memang agak sedikit kotor. Saya sendiri tak berani menyatakan beras itu tak layak dikonsumsi, karena harus diteliti terlebih dahulu," ujar Kepala Bulog Sub Divre Ciamis Dindin Syamsudin kepada wartawan, Senin (8/7/2013).

Didin menjelaskan, saat ini terdapat 11 ribu ton raskin yang tersimpan di gudang Bulog Garut. 2.700 ton di antaranya merupakan beras yang tertunda pengirimannya dan tersimpan di gudang lebih dari 4 bulan.

Sebelumnya, beras sudah disortir. Hasilnya, 150 karung beras atau sekitar 2.250 ton yang kualitasnya buruk karena terlalu lama tersimpan di gudang.

Dindin mengaku bersyukur atas temuan bupati. Pihaknya bisa segera mengolah kembali raskin yang berkualitas buruk untuk disalurkan kembali. "Syukur jika Pak Bupati menemukan raskin yang berkualitas buruk, ketimbang beras itu keburu sampai di masyarakat," ucap Dindin.

Petugas rutin mengecek kondisi raskin di gudang. Harapannya, jika ada raskin yang berkutu dan berjamur, bisa langsung dipisahkan. "Karena banyaknya raskin, upaya kita kadang tak maksimal," paparnya.

http://news.detik.com/read/2013/07/08/190515/2296154/10/bupati-garut-marah-temukan-raskin-hitam-dan-bau-bulog-memang-agak-kotor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar