Minggu, 13 Oktober 2013

645 Karung Raskin Mengendap di Rumah Kades

12 Oktober 2013

GOWA, BKM-- Tim terpadu raskin Kabupaten Gowa terdiri dari Kepala Bagian Perekonomian Setkab Gowa, Iriansyah (koordinator), Sri Hartati (Kasi Datun Kejari Sungguminasa) serta penyidik Polres Gowa, Syahrir turun ke Dusun Cambajawaya, Desa Sengka, Kecamatan Bontonompo Selatan, Kamis (10/10).
Tim terpadu turun lantaran menerima laporan  adanya pengendapan raskin selama lima bulan di dusun tersebut. Saat melakukan ricek tentang laporan itu, ternyata benar raskin yang seharusnya terbagi kepada 459 KK penerima dengan alokasi raskin sebanyak 6.885 Kg atau 129 karung per bulan hanya disimpan.
Ironisnya, raskin yang berjumlah sebanyak 645 karung (129 karung x 5 bulan) ditumpuk saja di rumah Kades Sengka. Sementara itu tim terpadu yang mendatangi rumah kades Sengka, namun Kades Sengka, Muh Amin Rajali tidak berada ditempat. Menurut warga sendiri, kades tidak pernah menampakkan diri terlebih masuk ke kantor desa untuk melaksanakan tugasnya.
Camat Bontonompo Selatan, Abdullah Sirajuddin yang turut dalam sidak raskin bersama tim terpadu mengatakan, sudah tiga kali atas nama pemerintah kecamatan melayangkan teguran kepada Kades Sengka agar raskin tersebut segera dibagikan namun Muh Amin Rajali hanya mengubar janji saja dan hingga kini beras dalam ratusan karung itu hanya ditumpuk di rumah kades.
''Kami belum tahu apa alasan kades menyimpan raskin ini, yang jelas masalah ini menjadi kewenangan pihak Kejaksaan dan Kepolisian,'' kata Kabag Perekonomian Setkab Gowa, Iriansyah dari lokasi sidak.
''Jika memang benar raskin itu sengaja diendapkan maka kami akan mengambil langkah tegas dan  raskin itu harus segera dibagikan ke warga penerima. Kami sudah wanti-wanti istri kades karena kades tidak ada agar membagikan  raskin itu besok (Kamis, red). Untuk sementara, raskin itu dibawah pengawasan Camat Bontonompo Selatan, jika tidak dibagikan besok maka raskin itu akan ditarik pihak kecamatan dan pemerintah kecamatan yang akan bagikan langsung ke warga Cambajawaya," kata Iriansyah lagi.  (sar/cha/B)

http://beritakotamakassar.com/index.php/sulselbarnew/gojentakmapan/12098--645-karung-raskin-mengendap-di-rumah-kades-.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar