Rabu, 16 Oktober 2013

Konsep Raskin Tak Kunjung Selesai

15 Oktober 2013

Terkait Perubahan Pola Pendistribusian
KOTA-Hingga memasuki tri-wulan terakhir tahun ini, pola distribusi beras untuk rakyat miskin (raskin) baru belum jelas. Alasannya masih seperti dulu, yaitu masih menyiapkan konsep. Sehingga, banyak pihak menilai pemerintah tidak serius, bahkan terkesan lelet. Sejak awal, pemerintahan baru Pamekasan menyatakan perlunya melakukan perubahan pula pendistribusian raskin. Perubahan dari pola kelompok kerja (pokja) menjadi kelompok masyarakat (pokmas).

Sebab, sudah menjadi rahasia umum, pendistribusian raskin selama ini periuh praktik penyelewengan. Ada pihak yang kerap mengurangi jatah raskin untuk warga. Bahkan ada yang berani untuk tidak mendistribusikan raskin bagi warga. Perubahan sistem atau pola distribusi diharapkan dapat meminimalisasi kesempatan penyelewengan. Bupati Pamekasan Achmad Safii pada saat Safari Ramadan lalu pernah menyampaikan pembaruan sistem pendistribusian raskin tidak akan dilakukan secara serentak.

Namun, pihaknya akan mengambil sebagian kecamatan untuk menjadi percontohan. Dipilihlah Kecamatan Galis dan Kecamatan Pademawu untuk menjadi pilot project. Sebab, dua kecamatan itu dinilai memiliki reputasi paling baik dalam hal pendistribusian raskin selama ini. Kemarin (14/10) kepada awak media Bupati Achmad Syafii mengatakan sebaliknya. Dia mengungkapkan, hingga saat ini pola pendistribusian raskin belum bisa diubah. Dia kembali beralasan. konsep perubahan sistem itu belum matang.

“Kami masih melakukan pembahasan secara intensif bersama dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD). Melihat situasi yang berkembang, perubahan tidak dapat dilakukan secara instan.” terangnya. Terkait dua kecamatan yang dijadikan percontohan. Syafii kembali mengakui belum bisa dilaksanakan sebelum berkoordinasi dengan wakil rakyat di DPRD. “Saya belum bisa memastikan. Tetapi, ini (pilot project, Red) harus dimatangkan terlebih dahulu. Kalau tidak nanti percuma kita melakukan perbaikan tapi tak berhasil,” ungkapnya. (radar)

http://www.maduraterkini.com/berita-pamekasan/konsep-raskin-tak-kunjung-selesai.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar