Kamis, 28 November 2013

Warga Diminta Tolak Raskin Jelek

28 November 2013

PANDEGLANG – Kepala Kantor Ketahanan Pangan (KKP) Pandeglang Nuriah mengimbau kepada warga penerima raskin (beras untuk warga miskin) menolaknya jika terbukti kualitasnya buruk jelek, atau jangan menandatangai surat serah terima raskin tersebut agar bisa diganti. Ia menekanakan kepada kepala desa untuk bisa mengecek dulu raskin yang disalurkan sebelum dibagikan ke masyarakat agar menghindari adanya komplain dari warga “Saat ini banyak warga yang komplain masalah raskin terkait kualitasnya buruk. Makanya saya berharap kades bisa jeli dalam menerima beras bantuan itu, jika datang ke desa mohon dikontrol dulu sebelum diberikan ke masyarakat,” ungkap Nuriah kepada Banten Raya, Rabu (27/11).

Nuriah juga menjelaskan bahwa pembayaran raskin saat ini juga tidak perlu rumit, karena sistem pembayarannya sudah melalui nomor rekening bulog yang menangani beras tersebut. “Kalau untuk serapan tahun sekarang sampai bulan ini sekitar 80,4 presen dari angka total 15,784,335 ton, tinggal sisa pagu itu sekitar 3,828,465 ton. Tapi saya optimis untuk akhir tahun ini semuanya bisa mencapai 100 persen. Kalau tahun-tahun sebelumnya itu sangat sedikit serapanya,” ungkapnya. Camat Panimbang Agus Amin Mursalim menuturkan, memang sudah seharusnya pemantuan program raskin ini juga bisa dilakukan secara bersama-sama, baik itu pihak desa, kecamatan atau juga warga.

“Saya juga sangat mendukung jika ketika raskin datang aparat desa atau kepala desa bisa melakukan kontrol dulu untuk melihat kulitas, dan jangan dulu menandatangi surat serah terima. Apa lagi jika kulitasnya jelekkan bisa diganti,” katanya. Kepala Desa Bulagor, Kecamatan Pagelaran Iwan juga menuturkan, pihaknya akan terus melakukan kontrol terkait program raskin ini. “Bicara kualitas raskin, mudah-mudahan jangan sampai terjadi di desa saya, dan untuk saat ini pasti kami akan melakukan pengecekan sebelum menerim raskin,” katanya. (agus)

http://www.bantenraya.com/banten-raya/pandeglang/2448-warga-diminta-tolak-raskin-jelek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar