Rabu, 26 Maret 2014

Berat Raskin Kurang, Komisi A DPRD Sumenep Sidak Bulog

Selasa, 25 Maret 2014

Sumenep (beritajatim.com) - Komisi A DPRD Sumenep bersama Bagian Perekonomian Pemkab setempat, Selasa (25/03/14) sidak ke gudang Bulog Sumenep. Inspeksi mendadak tersebut dilakukan, menyusul laporan dari warga Kecamatan Nong Gunong, Pulau Sepudi, tentang berkurangnya timbangan raskin yang sampai ke tangan penerima manfaat.

"Laporan yang kami terima, jatah raskin 15 kg itu saat sampai ke tangan penerima manfaat hanya 12 kg. Jadi susut 3 kg. Karena itu, kami langsung cek ke gudang Bulog Sumenep," kata Sekretaris Komisi A DPRD Sumenep, Moh. Riadi.

Menurutnya, dari beberapa sampel yang diambil secara acak di gudang Bulog, didapati timbangan raskin utuh 15 kg. Karena itu, ia menyimpulkan bahwa berkurangnya raskin terjadi setelah ada di luar Bulog. "Berarti kebocoran raskin sehingga timbangannya susut ini terjadi dalam perjalanan pengiriman, saat keluar dari gudang hingga ke titik distribusi," ujarnya.

Riadi mengungkapkan, berkurangnya raskin dalam proses pengiriman tersebut menunjukkan lemahnya pengawasan tim raskin dan pengawalan aparat keamanan. "Padahal untuk pengawalan itu kan ada anggarannya. Harusnya lebih diperhatikan, agar jangan sampai terjadi kebocoran berat raskin," terangnya.

Ia menambahkan, tim raskin kabupaten dan kecamatan seharusnya memberikan perhatian khusus terhadap hal tersebut. Terutama saat raskin keluaar dari gudang dan dikirim ke titik distribusi. Bahkan kalau perlu, seharusnya tim raskin tidak hanya di tingkat kecamatan, tapi hingga desa.

"Jadi pengawasan terhadap pendistribusiaan raskin ini benar-benar ketat hingga sampai ke titik distribusi terakhir dan ke tangan penerima manfaat. Kasihan kan kalau raskin yang mereka terima beratnya kurang dari yang seharusnya," tukasnya.

Pagu raskin untuk kecamatan Nonggunong, Pulau Sepudi sebanyak 39.450 ton. Sedangkan pagu raskin Kabupaten Sumenep sebesar 1.745.670 ton. [tem/kun]

http://m.beritajatim.com/politik_pemerintahan/202033/berat_raskin_kurang,_komisi_a_dprd_sumenep_sidak_bulog.html#.UzIX7-OSzME

Tidak ada komentar:

Posting Komentar