Jumat, 28 Maret 2014

Penyaluran Beras Miskin Masih Banyak Belum Tepat Sasaran

Jumat, 28 Maret 2014

TANJUNG PRIOK (Pos Kota) -Penyaluran beras miskin harus tetap sasaran dan tidak pilih kasih. Selain itu pihak kelurahan maupun RW juga harus selektif memilih yang berhak menerima.
Menurut Asisten Kesejahteraan Masyarakat Jakarta Utara, Muhammad Zen penerima raskin harus sesuai data Rumah Tangga Sasaran (RTS). “Penyaluran raskin harus tepat waktu dan harus tepat jumlahnya (timbangan) sehingga tidak menimbulkan masalah,” tuturnya.
Muhammad Zein menambahkan tiap RTS mendapat alokasi beras 15kg/bulan. Selain itu kwalitas beras juga harus baik dan jangan bau dan akhirnya tidak bisa dimanfaatkan.
“Di Jakarta Utara jumlah RTS tahun ini 58.706 yang tersebar di 31 kelurahan, dan wilayah yang paling banyak menerima raskin berada di Kecamatan Cilincing,” jelas Muhammad Zen.
Adapun untuk perubahan RTS-PM raskin di wilayah Jakarta Utara Tahun 2014 sama dengan tahun 2013 lalu, yaitu jumlah RTS Kec. Penjaringan 11.238 RTS, 6.177 RTS di Kec. Pademangan, Kec. Koja sebanyak 12.646 RTS, Kec. Cilincing 18.029, dan Kec. Kelapa Gading dengan 2.356 RTS.
Kepala Irbanko Jakarta Utara, Sri Rahayu, menjelaskan ia mendapat informasi bahwa penyaluran raskin di lapangan sering terjadi penyelewangan dan manipulasi karena di jual ke penadah. Selain itu penyalurannya juga salah sasaran, mutu beras jelek, jumlah yang diterima tidak sesuai harga, ada kesalahan data, serta terjadinya kesalahan data.
“Guna mengatasi hal itu, pihaknya akan melakukan dengan cara meningkatkan sosialisasi. Kami juga akan memperbaiki sistem pelaporan, evaluasi penyalurannya secara berkala, membuka kotak pos pegaduan masyarakat, serta menjatuhkan sanksi dengan tujuan memberi efek jera kepada oknum aparat yang kurang bertanggungjawab,” terang Sri Rahayu. (Wandi)

http://poskotanews.com/2014/03/28/penyaluran-beras-miskin-masih-banyak-belum-tepat-sasaran/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar