Kamis, 12 Juni 2014

PENGAWASAN DIVRE BULOG JATIM ATAS BERAS RASKIN KURANG MAKSIMAL

Rabu, 11 Juni 2014

Beras Bulog saat pemuatan di kapal Tunas Dua Tanjung Perak

" Kwalitas Beras Rendah Di Kapalkan ke Sumut,  Diduga Oplosan" 

SURABAYA[TitikKomaPost.com] Guna memenuhi kebutuhan raskin di luar Jawa, Bulog Jatim kapalkan beras mutu rendah ke Sibolga Sumatra Utara sebanyak 3000 Ton melalui pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Pemuatan beras bulog yang diambil dari gudang Tuban dan Jombang itu disinyalir dioplos dengan Broken Rice, hal ini terlihat dilapangan saat pemuatan berlangsung diketemukan beras yang warnanya kelam, apek, berkutu, dan tingkat pecahnya melebihi toleransi.

Saat titikkomapost.com dilapangan bersama salah satu anggota LSM JP LiMa melihat jelas bahwa beras dibongkar dari truk pengangkut beras bulog menemukan beras yang ancur," Ini bisa jadi bukan beras bulog yang di karungkan, setahu saya beras bulog ada setandartnya untuk dilakukan pengiriman ",kata Afriono.

" Bisa jadi beras ini dilakukan pengoplosan dengan beras rusak, mengingat warna beras yang gelap dan pecah, Apa mungkin ini ada kaitannya dengan beras rusak yang masuk dari Vietnam beberapa waktu lalu ? ",ungkapnya.

Masuknya Broken Rice mengunakan kapal MV Putai 18 beberapa waktu lalu sebanyak 6400 Ton asal Vietnam yang bongkar di Jamrud Utara Perak dengan tujuan akhir Perning Mojokerto bila dikaitkan dengan pengapalan beras bulog itu memungkinkan relefan, karena jedah antara beras rusak yang masuk dari luar itu cukup untuk mengkondisikan kekurangan kebutuhan yang ada.

Munculnya beras untuk masyarakat bawah (raskin) yang beredar ini menjadikan pertannyaan, apakah pihak Divre Bulog Jatim telah benar-benar melakukan pengawasan secara ketat terhadap mutu beras yang akan dikonsumsi, atau ini suatu proyek oknum dilingkungan lumbung beras nasasional itu.

Sementara untuk mengkonfirmasikan temuan titikkomapost.com dilapangan, Divre Bulog Jatim melalui Kahumas, Yulia Herawati saat di hubungi di nomor hand phone 08123130xxx tidak bisa tersambung.

Untuk mendapatkan kejelasan terkait kondisi beras Divre Bulog Jatim yang akan dikapalkan ke Sibolga Sumut, titikkomapost.com akan melakukan penggalian lebih lanjut.(RA)

http://www.titikkomapost.com/2014/06/pengawasan-disvre-bulog-jatim-atas.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar