Jumat, 25 September 2015

Warga Sampang Diberi Raskin Busuk

Jumat, 25 September 2015

Selain Berwarna Kuning, Karung Juga Berlubang dan Beratnya Tidak Sampai 15 Kg


KORANKABAR.COM (SAMPANG)-Beras bantuan untuk rumah tangga miskin (raskin) yang didistrubusikan oleh Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divre XII Madura kembali dikeluhkan warga.

Distribusi raskin di Desa Sejati, Kecamatan Camplong, Sampang yang diterima warga setempat, Rabu (23/9), lalu, berwarna kekuningan dan bau apek.

Selain itu, berat raskin dalam satu karungnya tidak sampai 15 kilogram sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pemerintah. Hal tersebut dikatakan warga setempat bernama Ahmad Busiri.

Ia mengaku kecewa ketika beras yang diterimanya berkualitas sangat jelek dan tidak layak konsumsi, yakni berbau apek dan berwarna kekuningan.

”Jelas beras ini tidak bisa dimakan. Selain berbau apek dan berwarna kekuningan, beras ini juga banyak kerikilnya,” sedih Busiri kepada korankabar.com.

Akhirnya, jatah raskin tersebut ia jadikan pakan ayam karena tidak layak konsumsi untuk keluarganya. Busiri juga mengaku trauma dengan kejadian sebelumnya ketika perutnya sakit dan muntah-muntah setelah mengonsumsi raskin sejenis.
”Saya trauma makan raskin yang warnanya kuning kecokelatan. Ingin dikembalikan tapi sudah terlambat karena karung beras sudah kadung dibuka. Terpaksa dijadikan pakan ayam,” tambahnya.
Hal senada diucap Buradi, warga Desa Sejati yang lain. Awalnya ia penasaran dengan kondisi karung yang terlihat berlubang sehingga ia dengan warga lainnya menimbang setiap karung beras.

Ternyata berat beras dalam setiap karungnya tidak sesuai takaran, yakni hanya sekitar 13 kilogram.
“Kami sangat kecewa karena selain beras raskin busuk, beratnya tidak sampai 15 kilogram,” ujar dengan nada kesal.
Buradi mengancam akan mengembalikan apabila beras rakin pada bulan berikutnya jika kualitasnya masih jelek. Bahkan ia mengaku akan menuntut secara hukum pihak Bulog maupun Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnaketrans) Sampang.

”Sebagian warga yang makan beras itu ada yang muntah-muntah dan perutnya sakit. Ini bagian dari kelailan pihak Bulog dan pemerintah setempat,” tegasnya. (mam/rr)

http://korankabar.com/warga-sampang-diberi-raskin-busuk/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar